Translate indyefa michealblog'rs

Selasa, 15 Oktober 2013

LINGUISTIK UMUM






1.        Linguistik dan bahasa
a.       Pengertian Linguistik
Linguistik adalah ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Kata linguistik berasal dari bahasa Latin Lingual yang berarti ‘bahasa’.
Ilmu linguistik moderen dipelopori oleh sarjana swiss yang bernama Ferdinand De Saussure dengan bukunya yang berjudul  Cours de Linguistique Generale’ (Pengantar Linguistik Umum ) yang terbit pada tahun 1916.
Dalam buku ini dikemukakan tiga istilah yang berbeda tentang bahasa Yaitunya : Langue (bahasa tertentu ), Langage (bahasa secara umum ), dan Parole (tuturan atau bahasa yang dipakai secara konkret).
Orang yang ahli dalam bidang Linguistik disebut  Linguis atau Linguist dalam bahasa inggrisnya. Linguis adalah orang yang fasih dalam beberapa bahasa  selain ahli Linguitik.
Ilmu Linguistik sering juga disebut linguistik umum. Artinya , Linguistik bukan hanya mengkaji tentang suatu bahasa tertentu , tetapi  mempelajari bahasa pada umumnya , Contoh : mengkaji tentang persamaan dan perbedaan antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain,  yang disebut langage ( bahasa Prancis ).
b.      Pengertian Bahasa
Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang  digunakan oleh para anggota kelompok  sosial untuk bekerja sama, berkomonikasi, dan mengidentifikasikan diri.

2.       Manfaat  Linguistik
Manfaat linguistik sangatlah banyak, contohnya  :
a.       Pengetahuan para  linguist  tentang linguistik sangat membatu mereka dalam menyelesaikan dan melaksanakan tugas. Tidak mungkin dapat memahami karya sastra dengan baik tampa mempunyai pengetahuan mengenai  hakikat dan struktur bahasa dengan baik.
b.      Bagi guru,  pengetahuan linguistik sangat penting untuk memudahkan mereka dalam menyampaikan mata pelajarannya. Terutamanya adalah guru bahasa.
c.       Bagi penerjemah dan penyusun kamus,  pengetahuan linguistik mutlak diperlukan. Tampa  pengetahuan tentang linguistik penerjemah tidak akan bisa menerjemahkan suatu bahasa dengan baik. Begitu juga dengan penyusun kamus, tidak akan bisa menghasilkan kamus yang baik apabila tidak memiliki ilmu linguistik.
3.       Hakikat Bahasa
Beberapa ciri atau sifat hakikat bahasa, yakni :
a.       Bahasa sebagai sistem
Maksudnya , bahasa terdiri atas unsur-unsur yang tersusun menurut pola tertentu yang membentuk satu kesatuan.  Bahasa bersifat sistematis  ( bahasa tersusun berdasar suatu pola, tidak tersusun secara sembarangan ) dan bersifat  sistemis (bahasa tidak merupakan sistem tunggal, tetapi terdiri atas subsistem secara hierarkial [ subsistem yang satu terletak dibawah subsistem yanga lain, dan subsistem yang lainnya terletak di bawah subsiste yang lainnya lagi ] ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar