Translate indyefa michealblog'rs

Rabu, 22 Mei 2013

Puisi pertama jepang "KAYOO"

Kayo zaman jodai
        Kayoo adalah puisi pertma yang muncul dijepang,yang muncul pada zaman joodai jadi puisi ini disampaikan dari mulut kemulut,puisi kayoo disampaikan dengan mulut dan dinikmati melalui indra pendengaran,kayo merupakan kesusastraan penting zaman joodai.
        Kayoo bermula dari gerak hati dan dirangkap dengan kata yang sederhana,kayoo isinya beraneka ragam seperti binantang,tumbuh-tumbuhan dan yang berhubungan erat dengan manusia,pada umumnya ditampilakan pada waktu perayaan memuja dewa ,istana dan pesta minum sake adalah tempat penting untuk menyanyikan kayoo,dan rakyat biasapun menyanyikan kayoo ini disaat mereka bekerja.
        Kayoo tidak begitu jelas siapa pencetus awalnya,tapi dalam kojiki dan nihonshiki ,dalam kojiki kayoo dibuat oleh Yamato Takerunomikato dan dalam nihonshiki dibuat oleh Keiko Tenno.

       Kayo zaman heian


  Kayoo pada Zaman heian ini sedikit mengalami perkembangan yang dahulunya antar kayoo dan waka tidak ada pembagian,sekarang berkambang masing-masing.Kayoo zaman heian jenis nya yaitu “Kagura Uta” disebut juga nyanyian yang dipakai untuk tarian (kayoo ritual) dan sedangkan” Kami Asobi” disebut juga tarian yang dipakai untuk mengadakan sembahyang untuk dewa-dewa(Kayoo hiburan).         Kayoo Zaman dahulu dibaca dengan suara keras.tetapi sekarang diiringi dengan irama music,pada akhir Zaman Heian kayoo semakin popul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar