Translate indyefa michealblog'rs

Rabu, 22 Mei 2013

PUISI JEPANG "Haiku (俳句)"



1.      Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Jepang merupakan salah satu negara asia yang maju dalam bidang teknologi dan industri di dunia pada saat ini . Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya barang produksi jepang di seluruh dunia . Jepang juga selain di kenal dengan keunggulanya di bidang teknologi dan industri , juga dikenal dengan dunia  bidang kesusastraan , buktinya dengan hadiah nobel kesusastraan , selain dalam bidang prosa , bidang perpuisian jepang juga di kenal dengan baik oleh dunia seperti haiku , tanka , waka , renga dan lain-lain . Diantara ragam puisi tersebut , haiku merupakan salah satu piusi jepang yang paling dikenal di seluruh dunia pada saat ini , apabila membahas tentang haiku memiliki sejarah yang sudah sangat tua sejak awal mulai terbentukanya hingga sekarang , banyak hal-hal yang sudah terjadi dimasa lalu yang menjadi faktor dari berkembangnya haiku pada saat ini sehingga menjadi salah satu puisi jepang yang terkenal di dunia .
Pada awal abad ke-20 salah satu penyair Masaoka shiki membebaskan sajak Hokku dari rantai Haikai menjadi sajak tersendiri yaitu Haiku dan pada masa ini haiku telah menyebar keseluruh dunia dan banyak orang menulis tentang haiku , haiku mempengaruhi orang di seluruh dunia untuk membacanya dan memberikan inspirasi pada mereka untuk membuat haiku dengan gayanya sendiri , sampai sekarangpun perkembangan haiku semakin baik .
Berdasarkan latar belakang di atas saya tertarik untuk melihat sejarah haiku dan perkembanganya sampai sekarang dan faktor-faktor yang mendukung kenapa bisa haiku dikenal dan memiki nilai puisi yang menarik dan yang paling ingin saya bahas perkembangan haiku di dunia luar (haiku go internasional).

1.1  Perumusan  Masalah
Haiku sebagai salah satu puisi yang paling singkat dari semua jenis puisi yang ada , apa itu puisi haiku dan bagaimana sejarah terbentuknya haiku hingga di namakan dengan puisi terisingkat di dunia , dan faktor apa yang memberikan perkembangan yang besar pada dunia sastra melalui ciri khas yang dimiliki bagi puisi jepang ini.
Tiga penyair hebat haiku yaitu Basho , Bushon dan Issa yang hidup pada zaman Edo dan haiku yang mereka ciptakan meninggalkan warisan yang mendalam . Haiku merupakan cerminan atau gambaran dari kehidupan yang dilalui .
Perkembangan haiku pada awal kemunculanya mendapatkan respon baik dari masyarakat , ada hal yang mendorong terbentuknya haiku dan berkembangnya haiku pada saat itu hingga menjadi populer hingga sekarang . Haikupun memiliki ekspresi yang bebas humor yang lebih banyak hingga tidak membosankan , kata-katanya yang nyata dan menunjukan realitas kehidupan dan menjadi keindahan abadi . Secara mendasar kita mungkin sudah mengetahui bentuk dan sejarah haiku itu sendiri tapi disini saya akan berpatokan pada kenapa haiku bisa berkembang pesat dan bisa mempertahankan ke populeranya.
Dengan rumusan permasalahan yang saya buat , saya ingin menjawab dan mengembangkan permasalahan :
  • faktor-faktor yang membuat haiku itu populer
  • sejarah perkembangan haiku menuju Go internasional



    Isi
2.1   Sejarah Haiku
Haiku pada awalnya berasal dari salah satu puisi yang sering di pertunjukkan di istana kekaisaran yang dulu disebut renga yang populer selama abad ke 9 sampai abad ke 12 . Renga sering ditulis untuk mengekspresikan tentang kajian keagamaan dan kehidupan istana dan biasanya renga ditulis secara berantai . Pada abad ke 16 ketika orang jepang mulai banyak menulis puisi dan salah satu variasi dari renga disebut Haikai yang mengalami perkembangan pesat dan memperoleh popularitas di berbagai kelas masyarakat . Haikai merupakan salah satu puisi panjang yang mengeluarkan imajinasi penulisnya untuk berkarya . Pada abad ke 17 penyair mulai merasa lebih mudah dan santai hanya dengan menulis 3 baris awal  dan mengalami perkembangan yang disebut Hokku , salah satu penyair terkenal pada zaman itu Matsua Basho (1644-1694) ,Yosa Buson (1718-1783) , Kobayashi Issa (1763-1827) yang telah mempelopori renga dan di perbaharui menjadi hokku, karena hokku memiliki sajak yang panjang dan membosankan .
Pada akhir abad ke -20 zaman Meiji penyair Masaoka shiki (1867-1902) membebaskan sajak hokku dari rantai haikai menjadi sajak tersendiri dan diberi nama Haiku , pada masa ini haiku telah menyebar diseluruh dunia dan banyak orang menulis buku tentang haiku dan berkembanglah haiku sampai sekarang.
Pada abad ini haiku di warnai dengan renungan-renungan dari perasaan dan suasana hati yang halus perenungan lewat Zen . Sehingga haiku cepat mengalami populeritasnya , selain itu budaya Cina dan Korea ikut masuk ke dalam perkembangan haiku itu sendiri , hingga sampai sekarang Amerika dan negara-negara lainya ikut andil bagian dalam pembuatan haiku itu sendiri menurut bahasa dan Kigo yang digunakan masing-masing negara .



2.2  Bentuk Haiku
Sajak terikat yang memiliki 17 suku kata , terbagi dalam 3 baris terdiri dari 5 , 7 dan 5 suku kata sejak awal , haiku mementingkan rima atau persamaan bunyi melainkan mora , suku katanya 5/7/5 dan moranya lebih dari 5/7/5 .

2.3  Contoh Haiku
furuike ya (dikolam tua)
kawazu tobikomu (katak melompat masuk)
mizu no oto (air berbunyi)
                                    (Matsu basho)



contoh lainya:
 shizukasa ya     hanasaki niwa no     haru no ame

       (5)                         (7)                       (5)
                                   (Masaoka shiki)  



2.4  Faktor Haiku Berkembang dan Go Internasional
Haiku akan lebih jujur terhadap realita kehidupan hal yang nyata dialami oleh penyair haiku , pentingnya impresi penyair pada hal yang diambil dalam kehidupan sehari-hari , ciri khas yang di milikinya seperti penggunaan kata-kata yang identik dengan musim dan alam , kesederhanaan dan keindahan kata-katanya meskipun singkat namun penuh dengan makna mendalam yang menyentuh hati  , mempengarungi orang di seluruh dunia untuk membacanya dan memberi inspirasi pada mereka untuk membuat haiku gayanya sendiri , perkumpulan diluar negeri telah banyak di dirikan contohnya aja HIA (haiku international assaocciation) yang menaungi seluruh komonitas haiku internasional . Yang membuat Haiku berkembang dan populer sampai saat ini gabungan antara prinsip kehidupan dengan momen sesaat dalam kehidupan manusia yang diapresiasikan hanya dalam 3 baris haiku .
Haiku ini dapat mewujudkan momen-momen sesaat menjadi keindahan yang abadi yang berisi hal nyata yang dihadapi , tertuang dalam bentuk haiku . Haiku bisa mendeskripsikan apa saja , tetapi biasanya berisi hal-hal yang tidak terlalu rumit untuk dipahami oleh pembaca awam .
Beberapa haiku yang kuat justru menggambarkan kehidupan keseharian yang dituliskan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kepada pembaca suatu pengalaman dan sudut pandang baru atau lain dari situasi yang biasa tersebut .  Haiku juga mengharuskan adanya "Kigo" atau "kata (penunjuk) musim" ,  misalnya kata "salju" (musim dingin) , "kuntum bunga" (musim semi) , sebagai penanda waktu atau musim saat haiku tersebut ditulis . Tentu saja kata-kata penanda  musim ini tidak harus selalu jelas-terang.
Bagaimanapun juga , saat ini haiku di tiap-tiap tradisi bahasa mengikuti aturan-aturannya sendiri sesuai sifat alami bahasa di mana haiku tersebut di tuliskan . Silakan menulis haiku dengan pertimbangan Anda sendiri , apakah akan mematuhi aturan-aturan baku dari haiku Jepang yang asli , ataukah lebih mementingkan esensi atau roh dari haiku dengan membengkokkan beberapa syariatnya .  Di sinilah tantangan kesulitan , sekaligus kenikmatan menulis haiku.
Karena sangat ringkas
, haiku merupakan puisi yang sangat sederhana tapi bermakna dalam , karena tersirat maknanya , dapat di interpresentasikan sesuai apa yang dapat 'ditangkap' .  Proses kreatif penggubahan haiku di mulai dengan terbawanya  perasaan oleh suatu kejadian atau benda yang dapat dilihat lalu timbul kemauan untuk mencurahkan perasaan itu dalam bentuk ringkas-tepat , guna berbagi rasa dengan orang lain .
Haiku adalah salah satu cara lewat pendengaran untuk mengatasi kebosanan , kedinginan dan kegerahan setiap musim sambil memaknai artinya  yang memiliki makna yang sangat mendalam . Asal usul puisi pendek ini masih sering diperbincangkan walaupun ia sudah mendunia dan bahkan sudah diajarkan di sekolah-sekolah di Amerika sejak lama .
Dalam Bahasa Inggris tentu saja ada adaptasi untuk penulisannya . Haiku tetap terdiri dari 3 baris namun tidak harus 17 suku kata . Karena perbedaan bahasa dan aksara antara Jepang dengan banyak Negara , maka penulisan haiku dalam bahasa lain , lebih ditekankan pada ketepatan dan kecermatan pemilihan kata . Jadi beberapa potong kata dalam 3 baris itu mampu mengungkapkan suasana alam dan suasana hati dan jiwa , pada saat kita mengalaminya .
Dalam sebuah buku saku tentang Jepang di tuliskan bahwa untuk belajar menulis haiku tidak sulit. Yang penting kita mau membuka diri pada sang alam dan mencoba menuliskan apa yang kita lihat , kita rasa , kita dengar , kita cium , kita raba dan menggabungkan semua itu dengan sepenuh hati dan jiwa.
Berikut ini beberapa contoh Haiku dalam Bahasa Inggris:
Moonless winter night
a billow of rising fog
hides the distant pines

                  (Lenard D. Moore)
Dalam perkembangannya ,  khususnya di Amerika , haiku memang telah mengalami berbagai penyesuaian walau tetap berpijak pada aturan asal . Rupanya manusia mampu pula meleburkan rasa duka dan ketakutannya pada kedahsyatan fenomena alam . Dengan begitu , mungkin penderitaan manusia dapat sedikit berkurang.
Begitulah perkembangan haiku Go international , tidak hanya Amerika , negara lainpun memiliki ciri khas dan penempatan haiku itu sendiri , lebih cendrung serupa dengan asal mulanya haiku itu sendiri , awal mulanyapun haiku udah ada respon khusus dari negara Cina dan Korea sehingga ke populeranya cepat  melejit , tanpa kecuali negara Indonesia pastinya juga memiliki haiku dengan ciri khas tersendiri .Haiku pada saat ini yang rentan disebut dengan Puisi terpendek” di dunia.
Rumput menghijau
Damai mata memandang
Segar menggugah
Haiku diatas adalah sebuah haiku dari saya  atau contoh haiku dari Indonesia yang juga pendek dan mengambil tema dari hal yang nyata dan alami dirasakan pada saat ini .






 Kesimpulan
Haiku adalah salah satu bentuk puisi tradsional Jepang yang paling penting ,  Haiku adalah sajak terikat yang memiliki 17 suku kata terbagi dalam tiga baris dengan tiap baris terdiri dari 5/ 7/ 5 suku kata . Sejak awalnya sering muncul kebingungan antara istilah Haiku , Hokku dan Haikai (Haikai no Renga) . Hokku adalah sajak pembuka dari sebuah rangkaian sajak-sajak yang disebut Haikai no Renga . Hokku menentukan warna dan rasa dari keseluruhan rantai Haikai itu , sehingga menjadi penting , dan tak jarang seorang penyair hanya membuat hokku tanpa harus menulis rantai sajak lanjutannya .
Haiku adalah refleksi yang dihasilkan oleh apa yang diserap dan dirasakan oleh panca indera. Walaupun awalnya haiku lebih banyak mengulas masalah alam tetapi pada perkembangan berikutnya haiku berkembang sangat pesat bahkan kini tidak lagi hanya dibuat oleh orang para penyair Jepang . Di beberapa negara bahkan bertumbuhan kelompok-kelompok penulis haiku dengan bahasa mereka masing-masing.
Salah satu jenis puisi yang populer dan berkembang luas baik di negera asalnya maupun di negara lainnya , yaitu Haiku . Haiku adalah puisi Jepang yang paling pendek , memiliki Kigo dan Kireji . Haiku muncul di akhir zaman Muromachi , namun berkembang ketika memasuki zaman Kinsei . Zaman ini di mulai pada tahun 1602 yakni , sejak shogun Tokugawa Ieyasu sebagai pemegang tampuk pemerintahan memindahkan pusat pemerintahan ke Edo.
Haiku digemari disetiap penjuru negara pada saat ini.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar